Selasa, 28 Juni 2011

Oprek Platinum SEO Pack Menghindari Duplikat Title di Halaman Search

Oprek Platinum SEO Pack Menghindari Duplikat Title di Halaman Search – Kali ini saya ingin berbagi tips bagi sobat yang suka ngeblog dan menggunakan Platform WordPress CMS sebagai mesin Blognya. Di WordPress CMS ada sebuah plugin yang membantu kita dalam menyempurkan format title pada setiap halaman, dan juga banyak fungsi lainnya, yaitu menambah meta description, meta keyeword pada Halaman Depan (Home) dan juga pada Single Page (Halaman Posting), plugin itu bernama Platinum SEO Pack, sebenarnya ada plugin yang sejenis, yaitu All in One SEO Pack.

Oprek Platinum SEO Pack dan All in One SEO Pack

Oprek Platinum SEO Pack
Oprek Platinum SEO Pack
Oprek Platinum SEO Pack – Memang dari kedua plugin diatas belum sepenuhnya sempurna, karena memang hanya settingan standar saja yang dipergunakan di dalam proses scriptingnya, tetapi untuk halaman search, ada satu bugs yang menyebabkan duplikat title, yaitu pada halaman pencarian / halaman search pada subpage-nya, atau halaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Memang didalam pengaturan Platinum SEO Pack dan atau All in One SEO Pack diberikan sebuah pilihan untuk tidak memberikan meta robot index, jadi disetting noindex, biar tidak di index oleh robot Search Engine, tetapi saya pernah mengalami, walaupun sudah disetting seperti itu, subpage tetap saja di index oleh robot SE, kenapa ya bisa begitu? tetapi sudahlah, tidak perlu difikirkan, yang penting jika sudah di setting Noindex, tidak ada salahnya untuk sedikit menambahkan script agar title di subpage Halaman Search menjadi seperti title-title jika di Halaman Depan dan Archive.
Jadi, script yang akan ditambahkan pada core Platinum SEO Pack dan atau All in One SEO Pack berguna untuk menambahkan format subpage. Misalnya sebagai berikut:
Halaman Search Utama (Halaman Pertama)
- Tutorial WordPress | Search Result at Bloggernesia
Untuk halaman subpage (Halaman 2 dan seterusnya)
- Tutorial WordPress | Search Result at Bloggernesia – Part 2
Jadi ada penambahan kata “Part 2“, dan kata itu mengikuti settingan yang ada di halaman setting Platinum SEO Pack dan atau All in One SEO Pack, seperti pada halaman depan dan archive.
Berikut script yang harus sobat tambahkan pada plugin Platinum SEO Pack dan atau All in One SEO Pack:
Cari script berikut di file utama dari plugin Platinum SEO Pack dan atau All in One SEO Pack:
$title = str_replace('%search%', $search, $title);
kemudian tambahkan tepat dibawahnya secript berikut:
$title = $this->paged_title($title);
Maka dengan otomatis sekarang subpage halaman search sobat akan mendapatkan format yang baik dan terhindar dari error duplikat title di SE. Dan di settingan plugin bisa dirubah agar subpage di index oleh Search Engine. Oya, jangan lupa menambahkan meta description di Search Page ya, untuk halaman 1 dan seterusnya, biar tidak terjadi Duplicate Description, untuk caranya, mungkin saya akan membuatnya dilain waktu.
Atau ini sedikit script untuk menghindari duplikate description di halaman search, tambahkan script berikut di header.php, diantara script <head> dan </head> ya:
<?php if (is_search()) { if ($paged >= 2 || $page >= 2) { ?>
<meta name="description" content="Page <?php echo sprintf( __( '%s', 'admin' ), max( $paged, $page ) );?> - Berikut bahasan tentang <?php the_search_query(); ?> di Blog ini." />
<meta name="keywords" content="<?php the_search_query(); ?>" />
<?php } else { ?>
<meta name="description" content="Berikut bahasan tentang <?php the_search_query(); ?> di Blog ini." />
<meta name="keywords" content="<?php the_search_query(); ?>" />
<?php } ?>
Script diatas memberikan meta description yang dinamis untuk setiap subpage di Halaman Search, jadi cukup untuk menghindari Duplicate Description di Halaman Search. Apalagi sobat menggunakan Random Post jika Result Not Found.
Selamat mencoba dan happy blogging dude :) , sekian Oprek Platinum SEO Pack Menghindari Duplikat Title di Halaman Search.
 
Copyright 2009 ♫ F.U.N ♫