Rabu, 29 Juni 2011

Datasheet Suatu Komponen

Komponen-komponen elektronika sepenuhnya memiliki spesifikasi, dan ciri-ciri khusus tersendiri. Walaupun diantaranya ada yang bisa dijadikan persamaan. Misalnya, jika kita menginginkan Transistor dengan type "X" misalnya, kita bisa mencari persamaan dari pada transistor tersebut jika kita tidak menemukan jenis transistor yang kita kehendaki. Dalam hal ini, transistor yang kita kehendaki harus sama dengan transistor type lain sebagai penggantinya.

Spesifikasi suatu komponen elektronika ini biasanya dapat kita lihat dalam Datasheet. Datasheet ini akan sangat berguna jika kita nantinya akan merancang suatu alat elektronika. Datasheet ini akan dapat memberikan kita suatu "bayangan" arah dari suatu komponen elektronika. Pada umumnya, datasheet ini dikeluarkan oleh perusahaan pabrikan pembuat suatu komponen elektronika. Manfaat dari datasheet ini adalah, mencegah kesalahan bagi kita dalam merancang suatu rancangan.

Contoh datasheet dapat kita liat seperti ini. Jika kita perhatikan, di komposisi atau features ataupun ciri-ciri dari IC (integrated Circuit tipe CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) ini adalah :
a. Unlimited Input Rise and Fall Times
b. Exceptionally High Noise Immunity
c. Typical Propagation Delay: 10ns at VCC = 5V, CL = 15pF, TA = 25oC
d. Fanout (Over Temperature Range)
Standard Outputs . . . . . . . . . . . . . . . 10 LSTTL Loads
Bus Driver Outputs . . . . . . . . . . . . . 15 LSTTL Loads
e. Wide Operating Temperature Range . . . -55oC to 125oC
f. Balanced Propagation Delay and Transition Times
h. Significant Power Reduction Compared to LSTTL Logic ICs
i. HC Types
2V to 6V Operation
High Noise Immunity: NIL = 37%, NIH = 51% of VCC at VCC = 5V
j. HCT Types
4.5V to 5.5V Operation
Direct LSTTL Input Logic Compatibility, VIL= 0.8V (Max), VIH = 2V (Min)
CMOS Input Compatibility, Il ≤ 1μA at VOL, VOH

Nah, berdasarkan datasheet itu, kita dapat melihat spesifikasi dari IC tersebut. Dan pada akhirnya juga, kita harus merancang besar resistor ataupun komponen lain untuk mengalirkan arus dan tegangan masuk ke IC ini. Demikian halnya dengan semua spesifikasi komponen lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 ♫ F.U.N ♫